Selasa, 14 Oktober 2014

Pengantar Teknologi Informasi : "Floppy Disk"


indeks :
 1. Pengertian Floppy Disk
 2. Sejarah & Perkembangan Floppy Disk
 3. Fungsi Floppy Disk
 4. Bagian pada Floppy Disk
 5. Cara Kerja Floppy Disk
 6. Jenis Ukuran Floppy Disk


1. Pengertian Floppy Disk
     
      Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan data berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram liuk "dibaca" dan "ditulis" menggunakan kandar cakram liuk (floppy disk drive, FDD). Kapasitas cakram liuk yang paling umum adalah 1,44 Mb (seperti yang tertera pada cakram liuk), meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.( Disunting dari Wikipedia) 
      Disket atau floppy disk adalah lembaran plastik tipis dan datar yang terbungkus dalam penutup plastik 3,5 inci. Data dan program disimpan di disket dalam bentuk titik-titik magnetik, sesuai pola on/off standar dan representatif data (misalnya ASCII). Pembungkus plastik tersebut melindungi disket dari sentuhan tangan manusia. Dahulu disket berukuran lebih besar dan terbungkus kertas sehingga tampak rapuh. Saat ini, disket terbungkus oleh plastik kaku sehingga cukup fleksibel. Disket mampu menyimpan data sebesar 1,44 megabyte atau setara dengan tulisan sebanyak 400 halaman. SuperDisk dapat menyimpan 120 megabyte. Saat ini, disket terbaru telah berlabel “2HD” (2 untuk “double sided” dan HD untuk “high density“) karena disket jenis ini mampu menyimpan data pada kedua sisi, sehingga kapasitasnya bisa lebih besar dibandingkan standar sebelumnya (DD atau “double density“).


2. Sejarah Floppy Disk

      Sejarah disket sendiri dimulai dari tahun 1971, di mana pada tahun tersebut untuk pertama kalinya disket diperkenalkan ke dunia oleh perusahaan komputer asal Amerika yakni International Business Machines Corporation (IBM). Saat itu, IBM memperkenalkan disket dengan ukuran 8 inci. Tapi sebenarnya disket sendiri telah dikembangkan oleh IBM sejak tahun 1967 dibawah pimpinan Alan Shugart. Pada saat peluncuran pertamanya disket ini bernama Memory Disk dan hanya berkapasitas sebesar 79,7 kb. Berselang enam tahun setelah diluncurkannya, media penyimpanan ini berubah nama menjadi floppy disk. Floppy disk ini mempunyai kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, yaitu 160 kb. Dengan ukuran fisik yang lebih kecil, yaitu sekitar 5¼ inci, floppy disk menjadi alat penyimpanan yang banyak digunakan pada saat itu. Tak sampai disitu, sekitar tahun 1984, IBM memperkenalkan floppy disk dengan bentuk fisik yang lebih kecil, yakni berukuran 3½ inci, dengan kemampuan menyimpan data hingga 720 kb. Tak lama setelah itu, kapasitasnya pun bertambah menjadi 1,44 mb. Sejak saat itulah disket mulai diproduksi secara besar-besaran. Mungkin bagi anak-anak yang lahir sekita tahun 80an sampai 90an awal tak akan asing dengan merek disket Verbatim, Maxell dan Sony. Karena itulah produsen-produsen disket yang tergolong besar pada saat itu.
      Tak heran jika sampai akhir tahun 90an, disket ini menjadi media penyimpanan yang sangat praktis dan banyak digunakan oleh orang-orang. Sampai akhirnya keberadaan disket sebagai media penyimpanan digital mulai tersisih seiring kemunculan berbagai media penyimpanan yang baru seperti CD, DVD, memory card dan Flash Disk. Dengan ukuran yang lebih kecil dan kapasitas yang besar ditambah dengan harga yang semakin murah, tak heran jika orang-orang mulai beralih dari disket ke CD sampai Flash Disk. Karena permintaan pasar yang semakin menurun, salah satu perusahaan besar yang memproduksi disket yakni Sony, pada tahun 2011 lalu mengumumkan tidak akan memproduksi disket lagi. Bisa jadi ini pertanda punahnya disket, tapi sekarang ini masih ada beberapa orang yang masih menggunakan disket atau bahkan mengoleksinya. Dan ternyata masih ada beberapa perusahaan yang masih memproduksi disket loh.
       Zaman memang terus berubah dan banyak hal yang terus berkembang, termasuk media penyimpanan digital yang dulunya hanya berkapasitas 1,44 kb sekarang sudah ada yang berkapasitas 32 gb, bahkan sudah ada yang berkapasitas 1 terabyte. Kita sebagai user alias pengguna teknologi harus tetap mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan kita. Tapi kita juga harus tahu akan sejarahnya, supaya kita bisa lebih menghargai hasil dari perkembangan teknologi yang ada saat ini.


3.  Fungsi Floppy Disk

     Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.


4. Bagian pada Floppy Disk

1. Write-protect Window : Menentukan apakah isi diket dapat dimodifikasi atau tidak.
2. Liner : Bagian tempat ruang untuk memumar Magnetic Disk
3. Read/Write slot : Bagian dari disket untuk menentukan apakah read-write head dari disk drive dapat mengakses isi disket.
4. Spindle hole : Bagian dari disket untuk menyediakan mekanisme timing bagi floppy disk controller. Bila kontroller melihat index hole maka ia akan mengetahui orientasi posisi disket dan lokasi penyimpanan data pada disket
5. Sector Hole : Tempat berporosnya piringan Magnetic Disk
6. Plastic Cover : Platik/ bagian yang menutupi komponen dalam disket
7. Sliding Shutter : Alumunium yang dapat bergeser sendirinya ketika dimasukkan kedalam Floppy Drive, yang berguna pendektesian Disket yang telah dimasukkan kedlam Floppy Drive
8. Magnetic Tape : Media yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi dengan logam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jika ini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akan menjadi magnet.
    


5. Cara Kerja Floppy Disk

      Disket dimasukkan ke floppy-disk drive, yaitu alat untuk menahan, memutar, membaca dan menulis data ke disket. “Baca” berarti data di media penyimpan sekunder diubah ke dalam bentuk sinyal elektronik dan salinan data tersebut dikirimkan ke memori komputer (RAM). Sedangkan “tulis” berarti salinan informasi elektronik hasil pemrosesan komputer ditransfer ke penyimpan sekunder. Berikut detail bagian dari disket :
  • Pengunci baca, Disket memiliki pengunci baca agar disket tidak bisa ditulisi. Dengan kata lain, data di dalam disket dapat terlindungi. Caranya dengan menggunakan jari jempol atau ujung pena untuk memindahkan pengunci baca ke arah bawah, sehingga lubang kotaknya terbuka.
  • Track, sektor, dan cluster, Pada disket, data disimpan dalam arah memusat yang dinamakan track. Berbeda dari gramofon, track-track di disket tidak mempunyai alur atau lingkaran tunggal. Track di disket membentuk lingkaran-lingkaran terpusat. Ketika sebuah disk diformat, lokasi penyimpan terbagi menjadi sektor-sektor arah tertentu sehingga track-track di disket terbagi dalam bebarapa busur yang dinamakan sektor. Saat data dari komputer disimpan ke disket, data kemudian disebarkan ke track-track dan sektor. Oleh sebab itu, perangkat lunak sistem menggunakan titik irisan sektor dan track sebagai tempat penyimpan data dinamakan cluster. Cluster adalah sekumpulan sektor pada alat penyimpan. Istilah track, sektor, dan cluster juga dipakai pada hardisk.
  • Head baca/tulis, ketika disket dimasukkan ke slot (drive gate atau drive door) pada bagian depan floppy drive, disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. Head baca/tulis digunakan untuk mentransfer data antara komputer dan disket. Saat disket berputar di dalam plastik pembungkus, head baca/tulis bergerak maju mundur melalui area akses data di disket. Dan saat disket tidak berada di drive, penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutup area akses data tersebut. Lampu akses akan menyala ketika disket sedang bekerja. Jika pemakaian telah selasai, disket dapat diambil dengan cara menekan tombol keluar di samping drive.
    *Untuk menarik/mengambil disket sebaiknya dilakukan saat lampu drive sudah dalam keadaan mati atau ketika sudah tidak lagi bekerja pada sebuah file dari disket tersebut karena dapat mengakibatkan disket tersebut cepat rusak. Simpan dan tutup file sebelum menarik disket dari drive.


6. Jenis Ukuran Floppy Disk

JENIS UKURAN
KAPASITAS
KAPASITAS RANGE
PEMBUAT
3,5 inci
1,44 MB
400kb-1,44MB
SONY
3,5 inci
2,88 MB
-
IBM
5,2 inci
1,2 MB
200kb-1,22MB
SUGHART
8 inci
500 kb
100kb-500kb
IBM

contoh Disket  :


Sumber : 
(http://hidayatulawalina.blogspot.com/2010/03/disket-komputer-beserta-fungsinya.html)
(http://ardianto.eskaprianda.students-blog.undip.ac.id/2009/07/25/disket/)
(http://onesus.blogspot.com/2008/02/struktur-disket.html)
(http://pengenalan-computer.blogspot.com/2010/01/floppy-disk.html)







12 komentar:

  1. Om, bisa ga om input kan gambar dari bagian-bagian flopy disk nya? Agar lebih lebih jelas. Terimakasih hehehe.

    BalasHapus
  2. @Danang : Oke sir, akan saya tambahkan, tunggu updatenya ya :v

    BalasHapus
  3. PADA KASUS FLOPPY DISK DRIVE TIDAK DAPAT MEMBACA DATA KOMPONEN. APA YG RUSAK GAN KIRA2

    BalasHapus
  4. rata tulisan mohon diperbaiki dan tambahkan jarak antar paragraf

    @danang belum ada postingan di blognya,

    BalasHapus
  5. @Iyes Cakep @Danang : Udah Pak, maaf baru update pak :D

    @Ade Putra : Maaf Gan, "Tidak dapat membaca KOMPONEN atau Tidak dapat membaca DATA ni Gan ?"

    BalasHapus
  6. terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^

    bandarq terpercaya

    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    BalasHapus
  7. terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^

    bandarq terpercaya

    terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

    BalasHapus
  8. Star Sands Casino & Resort
    Star Sands Casino & Resort is a premier entertainment destination conveniently located at 샌즈카지노 the heart of Las Vegas. With a full-service spa, entertainment, Owner: 인카지노 SGHC Limited 1xbet

    BalasHapus